Sekilas Mengenai Pusat Kajian PPM Manajemen

Praktisi bisnis di Indonesia menggunakan berbagai macam perangkat manajemen (teori, model, ataupun tools manajemen) dalam upaya menyelesaikan masalah yang dihadapi organisasinya. Perangkat manajemen yang digunakan tersebut umumnya didapatkan melalui adopsi keilmuan dari sumber luar negeri. Adopsi keilmuan tersebut juga cenderung dilakukan tanpa melalui proses validasi dan adaptasi untuk menyesuaikan dengan konteks bisnis dan manajemen di Indonesia. Konsekuensi dari praktik adopsi perangkat manajemen seperti ini membuka peluang kegagalan besar dalam menerapkan teori, model maupun tools manajemen ke dalam praktik bisnis di perusahaan-perusahaan di Indonesia.

PPM Manajemen dengan segenap sumber daya di bidang pendidikan dan pembinaan manajemen berupaya untuk menjembatani kesenjangan besar ini. Pusat Kajian PPM Manajemen didirikan untuk menjadi sentra riset dengan tugas utama untuk :


1. Memastikan PPM Manajemen secara khusus dan dunia manajemen di Indonesia secara umum mendapatkan update keilmuan terkini di bidang manajemen,

2. Melakukan riset untuk mendapatkan validasi perangkat-perangkat manajemen yang diadopsi,

3. Melakukan riset untuk membangun model manajemen dengan kekhasan konteks local yang dapat diaplikasikan secara optimal dalam konteks bisnis di Indonesia, dan

4. Mengembangkan komunitas akademisi, peneliti dan praktisi manajemen sesuai bidangnya.

Hasil kajian berbagai perangkat manajemen mutakhir tersebut akan menjadi acuan utama untuk pengembangan produk dan kepastian mutu dari jasa-jasa PPM Manajemen.


Dalam rangka tugas yang diemban tersebut, Pusat Kajian melingkupi tiga sentra kajian yaitu :


a.   CIC (Center for Innovation and Collaboration)

b.   CHCD (Center for Human Capital Development)

c.    MCCS (Management Center for Corporate Sustainability)

Dua dari sentra kajian tersebut (CIC dan CHCD) telah memiliki bangunan komunitas praktisi dan akademisi dari berbagai industri dan jenjang jabatan. Setiap tahun Pusat Kajian PPM Manajemen melalui CIC dalam COIN Forum (Collaboration and Innovation Forum) berbagi temuan-temuan riset di bidang inovasi dan kolaborasi. CHCD menyelenggarakan HCNC (Human Capital National Conference) setiap tahun, yaitu berupa konferensi nasional yang mendiskusikan hasil riset, perkembangan keilmuan dan praktik human capital terkini di Indonesia. CHCD juga memiliki forum rutin yaitu HC Forum (Human Capital Forum) yang diselenggarakan empat kali dalam setahun di beberapa kota besar di Indonesia. HC Forum menjadi wadah berbagi dan diskusi mengenai perangkat-perangkat manajemen human capital termutakhir. Forum-forum komunitas riset dan keilmuan dari Pusat Kajian (yaitu HCNC, HC Forum dan COIN Forum) telah menjadi ajang yang dinanti setiap tahunnya oleh praktisi dan akademisi manajemen di Indonesia.