http://ppm-manajemen.ac.id/wp-content/themes/ppmCorporate
  • February  2016
    Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
       
    1 2 3 4 5 6 7
    8 9 10 11 12 13 14
    15 16 17 18 19 20 21
    22 23 24 25 26 27 28
    29  
  • PDMA Indonesia Academics Gathering: Business–University Collaboration (17/9)
    Di negara–negara maju, produk yang dihasilkan oleh suatu industri senantiasa berubah dari waktu ke waktu, dengan tujuan agar industri yang menghasilkan produk tersebut terus tumbuh dan berkelanjutan karena dianggap mampu menjawab kebutuhan pada zamannya. Di sini, riset dan pengembangan secara menerus merupakan satu–satunya cara untuk dapat menghasilkan produk baru yang mampu menjawab kebutuhan masa kini atau masa depan. Riset dan pengembangan tidak selalu harus dilakukan oleh perusahaan itu sendiri, melainkan dapat dilakukan dengan berkolaborasi dengan pihak ketiga seperti universitas atau perguruan tinggi. Sejalan dengan ini, hasil penelitian yang dilakukan oleh Julio A. Pertuze, et al. yang berjudul Best Practices for Industry-University Collaboration, menyebutkan bahwa kolaborasi universitas dan industri dapat melahirkan suatu pengetahuan baru yang nantinya dapat mendukung pengembangan produk baru. (more...)

    CIC PPM Luncurkan Laporan Executive Summary Riset Tahun 2013
    Dokumen ini merupakan laporan pertama Center of Innovation and Collaboration PPM (untuk selanjutnya disingkat CIC PPM) kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah berpartisipasi dalam riset CIC. Dokumen ini juga berguna pagi pelaku inovasi di perusahaan-perusahaan Indonesia sebagai informasi dan benchmarking data inovasi perusahaan di Indonesia. Tujuan dari riset ini adalah untuk memetakan tipe dan proses inovasi perusahaan-perusahaan Indonesia selama tiga tahun terakhir (2010-2012), yang diharapkan akan memotivasi perusahaan Indonesia berinovasi dalam rangka bersaing di kancah internasional. Riset ini diadaptasi dari Community Innovation Survey (yang dikembangkan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD) dan berupaya mengumpulkan data hasil dan proses inovasi yang dilakukan perusahaan Indonesia selama 3 tahun terakhir, yaitu tahun 2010 hingga 2012. OECD merupakan suatu forum khusus yang dibentuk oleh 30 negara demokrasi untuk bekerja sama dalam menghadapi tantangan-tantangan global terkait aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Download Executive Summary CIC 2013

    Connect The Experts: Ketika Akademisi Bertemu Pelaku Industri
    Dalam transfer teknologi, ada sebuah istilah yang cukup terkenal, yaitu “valley of death”. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1995 untuk merujuk pada tantangan mentransfer teknologi pertanian ke negara-negara Dunia Ketiga (Markham et al., 2010). Pada perkembangan selanjutnya, istilah ini juga sering digunakan sebagai metafora untuk menggambarkan kesenjangan antara inovasi berbasis akademik dan aplikasi komersial di pasar. Jika menilik kondisi di Indonesia, “valley of death” dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah sampai saat ini belum ada kolaborasi yang baik antara perguruan tinggi dan dunia usaha terkait pemanfaatan riset. Akibatnya, penelitian-penelitian di perguruan tinggi hanya tersimpan di rak perpustakaan. Padahal, pengembangan riset dan teknologi harus berdasarkan ilmu pengetahuan yang berimplikasi pada dunia usaha. Bergerak dari latar belakang di atas, PDMA Indonesia sebagai asosiasi yang sangat peduli terhadap pengembangan produk berinisiatif mempertemukan pihak akademisi dengan para pelaku industri dalam acara CONNECT THE EXPERTS: “Bringing Research Products into Business” di Auditorium PPM Manajemen, Jakarta pada 18 Oktober 2015 yang lalu. Dihadirkan dalam kesempatan itu adalah tiga profesor atau doktor untuk mempresentasikan hasil penelitiannya masing-masing yang berupa pengembangan sebuah produk. Selain itu, acara ini juga diisi oleh dua praktisi yang berbagi mengenai kebutuhan industri yang ada saat ini. Sebut saja:
    • Prof.Dr.Ir.I Gede Wenten,M.Sc (ITB)
    • Prof.Dr.Ir.Slamet Budijanto,M.Agr. (IPB)
    • Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) (UI)
    • Prof.Dr.Ir.Bernard T. Widjaja, MM (PT. Martina Berto Tbk)
    • Ir.Simon Jonatan (PT. Bintang Toedjoe)
    Harapan dari digelarnya ajang semacam ini adalah, akan ada hasil temuan dari profesor atau doktor yang hadir dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menjadi sebuah produk yang siap jual di pasaran, serta sebagai wadah pelaku industri agar dapat berkolaborasi dengan para akademisi untuk mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan mereka. RIF/TOR/X/15 #PPMmanajemen

    PDMAI Connect The Experts, “Bringing Research Products into Business” (15 Okt 2015)
    Dalam transfer teknologi, ada sebuah istilah yang cukup terkenal, yaitu "valley of death". Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1995 untuk merujuk pada tantangan mentransfer teknologi pertanian ke negara-negara Dunia Ketiga (Markham et al., 2010). Pada perkembangan selanjutnya, istilah ini juga sering digunakan sebagai metafora untuk menggambarkan kesenjangan antara inovasi berbasis akademik dan aplikasi komersial di pasar. Jika menilik kondisi di Indonesia, "valley of death" dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sampai saat ini belum ada kolaborasi yang baik antara perguruan tinggi dan dunia usaha terkait pemanfaatan riset. Akibatnya, penelitian-penelitian di perguruan tinggi hanya tersimpan di rak perpustakaan. Padahal, pengembangan riset dan teknologi harus berdasarkan ilmu pengetahuan yang berimplikasi ke dunia usaha. Bergerak dari latar belakang di atas, PDMA Indonesia sebagai asosiasi yang sangat peduli terhadap pengembangan produk berencana untuk mempertemukan para akademisi dengan para pelaku industri dalam acara CONNECT THE EXPERTS: "Bringing Research Products into Business” di Auditorium PPM Manajemen, Jakarta pada 18 Oktober 2015. (more...)

    Hari Pelanggan Nasional di PPM Manajemen
    Hidup tidaklah sekadar hadir, pun pelanggan tidak sekedar hadir kemudian berlalu Bagi kami, pelanggan adalah bagian dari pertumbuhan perusahaan. Maka memahami pelanggan bukanlah pekerjaan musiman. Kerja keras ini berbuah manis, Dimana PPM manajemen selama 48 tahun selalu menjadi pilihan orang banyak dalam hal keilmuan manajemen. Kami pun tak lantas berbangga hati atas pencapaian ini, Berbenah diri lagi dan lagi terus dilakoni demi memuaskan pelanggan yang hasratnya kian hari kian beragam dan meningkat sesuai dengan kebutuhan dan harapannya. SENYUM PELANGGAN SENYUMKU JUGA Selamat Hari Pelanggan Nasional 4 September 2015 RIF/9/15