To Be a Great Secretary

Berbagi Ilmu dalam Suasana Menyenangkan

Arif Rachman


Tak harus kaku dan serius, pelatihan juga bisa menyenangkan dan asyik. Begitulah yang terjadi pada pelatihan To Be a Great Secretary yang baru-baru ini diselenggarakan PPM Manajemen pada 20-21 Oktober 2017 lalu. Suasana santai dan seru, didukung dengan tempat pelaksanaan Aston Lake Sentul Conference & Resort yang “cantik”, alhasil bisa belajar sekaligus refreshing.

Sore itu (20/10) ruang Bhuwana 5 dipenuhi oleh para sekretaris dari berbagai perusahaan. Tak hanya dari Jabodetabek, namun juga dari Surabaya dan Bangka Belitung. Semuanya bersiap untuk mengikuti welcoming ceremony. Suasana kaku sontak mencair karena sesi live music, berjoget bersama dengan goyang Maumere membuat akrab peserta yang  belum kenal satu sama lain, seru dan heboh.

 
Odoo image and text block


Agar lebih mengenal satu sama lain, peserta diberikan form yang berisi pernyataan-pernyataan dan diminta mencari nama peserta lain yang paling cocok dengan pernyataan tersebut

Selepas makan malam, tepatnya pukul 19.00 wib, dimulai pemaparan materi mengenai Human Relations yang dibawakan oleh Endah Nuraeni Hamdani dari PPM Manajemen. Di sini diajarkan bagaimana menggali karakter diri sendiri, dan terkait dengan karakter tersebut, bagaimana sebaiknya bersikap kepada orang lain. Ini merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh seorang sekretaris, karena mereka bertemu dan bergaul dengan banyak orang dari beragam latar belakang.

Hari kedua, giliran Indah Soekotjo yang mengisi materi Profesional Image, Style & Grooming for World Class Secretary. Ibu Indah yang sudah berkiprah lama dalam bidang professional image dan public speaking mengajarkan tentang makna sekretaris yang profesional. Penjelasannya juga mencakup cara membawa diri, berkomunikasi dengan atasan dan koleganya, hingga pada cara berpenampilan yang serasi.

Sesi selanjutnya diisi oleh Mustika Ratu yang memberikan solusi dan tips mengenai tata rias yang awet digunakan seharian. Adapun pembicara terakhir adalah Menik Prilianti, yang kini menjabat sebagai Executive Secretary CEO PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan belasan tahun mendampingi Ignasius Jonan yang dikenal aktif dan tegas, bertukar cerita dan mencari solusi dari praktisi, inilah yang disasar dari sesi penutup ini.

 

Satu persatu peserta melontarkan pertanyaan, di antaranya bagaimana menghadapi atasan yang punya sifat tertutup, ataupun cara membagi waktu kerja dengan kehidupan pribadi.

Odoo text and image block
Sampailah di penghujung acara. Pelatihan dua hari ini juga membangun jejaring antar peserta dengan berbagi kontak, berfoto bersama, bahkan beraksi heboh melalui aplikasi Boomerang.

Format pelatihan dan pembicara yang dihadirkan PPM Manajemen mendapat apresiasi dari peserta. Pada lembar evaluasi yang PPM Manajemen berikan, peserta mengungkapkan jika pelatihan ini bagus untuk menambah pengetahuan sekretaris profesional, dan meningkatkan hubungan sesama sekretaris dari berbagai daerah. Selain itu, pelatihan ini juga diakui membuat peserta lebih mencintai pekerjaannya.

Sukses terus para sekretaris Indonesia!

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.