Artikel Manajemen

Power of Movement

Pepey Riawati Kurnia
Ketua Program Pasca Sarjana PPM School of Management

Loyalitas akan terbangun dengan kental, bila konsumen terikat secara emosional dengan merek yang dipakainya.

Baca Selanjutnya
Oktober 2016   598 lihat

Demi Swasembada Pangan

Tasya Juwita, MM
Trainer, Executive Development Program PPM Manajemen

Industri pertanian yang rentan akan risiko gagal panen baru saja memiliki mekanisme mitigasi yang dapat menjawab kebutuhan petani. Mekanisme asuransi pertanian baru diluncurkan akhir tahun lalu.

Baca Selanjutnya
Oktober 2016   738 lihat

Belajar Dari Hebohnya Mie Bikini

Noveri Maulana, M.M
Faculty Member PPM School of Management

Sebuah strategi bisnis yang baik tentu harus melakukan kajian yang mendalam terhadap aspek sosial dan budaya pada komunitas bisnisnya.

Baca Selanjutnya
September 2016   926 lihat

Perangkap Psikologis dalam Pengambilan Keputusan

Daniel David Parsaoran, M.M.
Konsultan, Jasa Pengembangan Organisasi | PPM Manajemen

Adalah Pengambilan Keputusan. Kita harus dapat membedah apa sebenarnya yang terjadi dalam setiap pikiran manusia ketika mengambil keputusan.

Baca Selanjutnya
September 2016   1322 lihat

Perilaku Yang Mendorong Karyawan Berinovasi

Octa Melia Djalal
Human Capital Consultant PPM Manajemen

Tanpa adanya infrastruktur langsung seperti itu untuk mendorong adanya inovasi, maka komitmen manajemen terhadap inovasi, hanyalah tetap merupakan dorongan yang kosong dan tidak bisa menghasilkan suatu inovasi.

Baca Selanjutnya
September 2016   1605 lihat

Isu Operasional dalam Mengurangi Dwelling Time di Pelabuhan

Ricky Virona Martono, M.M
Core Trainer PPM Manajemen

Meski dwelling time di Tanjung Priok turun menjadi 4,7 hari pada awal tahun 2016, sebenarnya ada beberapa masalah operasional lain yang masih muncul di pelabuhan Indonesia

Baca Selanjutnya
September 2016   1014 lihat

Survive di Commuterline, Survive di Pekerjaan

Pratiwi, M.M.
Consultant, Organization Development Services PPM Manajemen

Dalam dunia kerja, peraturan dan nilai-nilai yang berlaku dalam perusahaan harus diikuti sehingga keberadaan Anda dalam perusahaan mendukung iklim kerja yang sehat. berupaya dengan kemampuan Anda dan tidak menyenggol atau menjatuhkan rekan kerja lain.

Baca Selanjutnya
September 2016   654 lihat

Pentingnya Kisah di Perusahaan

Dr. Ningky Sasanti Munir
Koordinator Kelompok Keahlian Manajemen Strategi dan Entrepreneurship | PPM School of Management

Kisah atau story adalah cerita mengenai kejadian atau rangkaian kejadian dalam kehidupan seseorang, sekelompok orang atau organisasi/perusahaan. Khususnya kisah mengenai perusahaan atau tokoh penting di perusahaan.

Baca Selanjutnya
September 2016   1051 lihat

Business Acumen di Industri Kreatif

Alphieza Syam M.Ak., CMA
Core Consultant and Trainer, PPM Manajemen

Business Acumen dapat diartikan sebagai suatu atribut kepemimpinan atau manajerial yang mengacu kepada kemampuan seorang pemimpin atau manajer untuk mencurahkan dan memanfaatkan berbagai daya analitis dan kreativitas yang dimilikinya untuk memanfaatkan suatu peluang.

Baca Selanjutnya
Agustus 2016   1022 lihat

Target Turun dari Langit

Mira Nur Mutia M.M.
Researcher, Jasa Pengembangan Organisasi | PPM Manajemen

Dalam penentuan target penjualan, perubahan perilaku konsumen pun perlu diketahui perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar keinginan mereka untuk membeli produk sehingga besaran target penjualan dapat diestimasi dengan tepat.

Baca Selanjutnya
Agustus 2016   734 lihat

Integrasi Budaya dalam Proses Merger & Akuisisi

Lufina Mahadewi, M.M., M.Sc.
Core Faculty PPM School of Management

Pemaksaan budaya seperti halnya pada strategi monokultur dapat menimbulkan resistensi dari para karyawan dan berdampak pada penurunan nilai M&A, khususnya apabila masing-masing partner memiliki budaya yang berbeda.

Baca Selanjutnya
Agustus 2016   585 lihat

Kunci Agar Diingat Pelanggan

Nanda Aulia Sari, M.M.
Research Specialist, Organization Development Services PPM Manajemen

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang Jasa, menciptakan experience merupakan suatu hal yang wajib dilakukan.

Baca Selanjutnya
Juli 2016   361 lihat

Membentuk Tim Peramal dalam Rantai Pasok

Rosa Sekar Mangalandum, M.M.
Trainer, Executive Development Program

Langkah awal yang bisa diterapkan di dalam rantai pasok adalah menyusun tim forecasting lintas entitas.

Baca Selanjutnya
Juli 2016   336 lihat

Ramadhan dan Entrepreneur Musiman

Noveri Maulana M.M.
Faculty Member PPM School of Management

Customer segment berbicara mengenai siapa konsumen yang Anda target. Seorang entrepreneur harus mampu dengan jelas memetakan siapa pelangganya, apa keinginannya, dan bagaimana perilaku konsumsinya.

Baca Selanjutnya
Juli 2016   321 lihat

Mengenal Konsep Tol Laut dalam Mengurangi Biaya Logistik Indonesia

Ricky Virona Martono
Trainer, Executive Development Program PPM Manajemen

Untuk menangani biaya logistik yang tinggi, pemerintah mengembangkan konsep Tol Laut, yaitu konektivitas laut yang efektif berupa kapal pelayaran yang rutin dan terjadwal.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   612 lihat

Measure, Maintain, and Win Your Customer

Fransiska Romana S., M.M.
Research Specialist, Organization Development Services PPM Manajemen

Proses pemetaan proses layanan disertai dengan memetakan pihak-pihak yang terlibat langsung dengan pelanggan dalam penyampaian layanan.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   309 lihat

Pemilihan Jenis Investasi Pribadi

Christy Dwita Mariana M.M.
Faculty Member of PPM School of Management

Pada dasarnya, terdapat dua jenis tujuan investasi dilakukan yaitu untuk meraih keuntungan dari investasi yang dilakukan atau memperoleh dana untuk capaian di masa yang akan datang.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   466 lihat

Permohonan Maaf yang Efektif kepada Pelanggan

Husni Fatahillah Siregar M.M.C.
Corporate Marketing Manager PPM Manajemen

Dalam melaksanakan kegiatan usaha yang berhubungan langsung dengan pelanggan, pastinya perusahaan sering menerima keluhan atau masukan dari pelanggan.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   408 lihat

Green Business to Green Accounting

Martdian Ratna Sari S.E, M.Sc
Faculty Member PPM School of Management

Kepedulian perusahaan akan lingkungan dan masyarakat sekitar yang biasa kita sebut sebagai corporate social responsibility (CSR) adalah sebagai suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis.

Baca Selanjutnya
Mei 2016   451 lihat

Mari Realisasikan Bisnis Anda

Ciu Heny Meiria, M.M.
Marketing Trainer, Executive Development Program

Memulai bisnis atau usaha memang tidak semudah ucapan. Untuk memulai sesuatu yang baru, apapun namanya, memang terasa sulit dan membingungkan.

Baca Selanjutnya
Mei 2016   275 lihat