Artikel Manajemen

Isu Operasional dalam Mengurangi Dwelling Time di Pelabuhan

Ricky Virona Martono, M.M
Core Trainer PPM Manajemen

Meski dwelling time di Tanjung Priok turun menjadi 4,7 hari pada awal tahun 2016, sebenarnya ada beberapa masalah operasional lain yang masih muncul di pelabuhan Indonesia

Baca Selanjutnya
September 2016   897 lihat

Survive di Commuterline, Survive di Pekerjaan

Pratiwi, M.M.
Consultant, Organization Development Services PPM Manajemen

Dalam dunia kerja, peraturan dan nilai-nilai yang berlaku dalam perusahaan harus diikuti sehingga keberadaan Anda dalam perusahaan mendukung iklim kerja yang sehat. berupaya dengan kemampuan Anda dan tidak menyenggol atau menjatuhkan rekan kerja lain.

Baca Selanjutnya
September 2016   569 lihat

Pentingnya Kisah di Perusahaan

Dr. Ningky Sasanti Munir
Koordinator Kelompok Keahlian Manajemen Strategi dan Entrepreneurship | PPM School of Management

Kisah atau story adalah cerita mengenai kejadian atau rangkaian kejadian dalam kehidupan seseorang, sekelompok orang atau organisasi/perusahaan. Khususnya kisah mengenai perusahaan atau tokoh penting di perusahaan.

Baca Selanjutnya
September 2016   931 lihat

Business Acumen di Industri Kreatif

Alphieza Syam M.Ak., CMA
Core Consultant and Trainer, PPM Manajemen

Business Acumen dapat diartikan sebagai suatu atribut kepemimpinan atau manajerial yang mengacu kepada kemampuan seorang pemimpin atau manajer untuk mencurahkan dan memanfaatkan berbagai daya analitis dan kreativitas yang dimilikinya untuk memanfaatkan suatu peluang.

Baca Selanjutnya
Agustus 2016   918 lihat

Target Turun dari Langit

Mira Nur Mutia M.M.
Researcher, Jasa Pengembangan Organisasi | PPM Manajemen

Dalam penentuan target penjualan, perubahan perilaku konsumen pun perlu diketahui perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar keinginan mereka untuk membeli produk sehingga besaran target penjualan dapat diestimasi dengan tepat.

Baca Selanjutnya
Agustus 2016   656 lihat

Integrasi Budaya dalam Proses Merger & Akuisisi

Lufina Mahadewi, M.M., M.Sc.
Core Faculty PPM School of Management

Pemaksaan budaya seperti halnya pada strategi monokultur dapat menimbulkan resistensi dari para karyawan dan berdampak pada penurunan nilai M&A, khususnya apabila masing-masing partner memiliki budaya yang berbeda.

Baca Selanjutnya
Agustus 2016   441 lihat

Kunci Agar Diingat Pelanggan

Nanda Aulia Sari, M.M.
Research Specialist, Organization Development Services PPM Manajemen

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang Jasa, menciptakan experience merupakan suatu hal yang wajib dilakukan.

Baca Selanjutnya
Juli 2016   274 lihat

Membentuk Tim Peramal dalam Rantai Pasok

Rosa Sekar Mangalandum, M.M.
Trainer, Executive Development Program

Langkah awal yang bisa diterapkan di dalam rantai pasok adalah menyusun tim forecasting lintas entitas.

Baca Selanjutnya
Juli 2016   251 lihat

Ramadhan dan Entrepreneur Musiman

Noveri Maulana M.M.
Faculty Member PPM School of Management

Customer segment berbicara mengenai siapa konsumen yang Anda target. Seorang entrepreneur harus mampu dengan jelas memetakan siapa pelangganya, apa keinginannya, dan bagaimana perilaku konsumsinya.

Baca Selanjutnya
Juli 2016   226 lihat

Mengenal Konsep Tol Laut dalam Mengurangi Biaya Logistik Indonesia

Ricky Virona Martono
Trainer, Executive Development Program

Untuk menangani biaya logistik yang tinggi, pemerintah mengembangkan konsep Tol Laut, yaitu konektivitas laut yang efektif berupa kapal pelayaran yang rutin dan terjadwal.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   450 lihat

Measure, Maintain, and Win Your Customer

Fransiska Romana S., M.M.
Research Specialist, Organization Development Services PPM Manajemen

Proses pemetaan proses layanan disertai dengan memetakan pihak-pihak yang terlibat langsung dengan pelanggan dalam penyampaian layanan.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   242 lihat

Pemilihan Jenis Investasi Pribadi

Christy Dwita Mariana M.M.
Faculty Member of PPM School of Management

Pada dasarnya, terdapat dua jenis tujuan investasi dilakukan yaitu untuk meraih keuntungan dari investasi yang dilakukan atau memperoleh dana untuk capaian di masa yang akan datang.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   347 lihat

Permohonan Maaf yang Efektif kepada Pelanggan

Husni Fatahillah Siregar M.M.C.
Corporate Marketing Manager PPM Manajemen

Dalam melaksanakan kegiatan usaha yang berhubungan langsung dengan pelanggan, pastinya perusahaan sering menerima keluhan atau masukan dari pelanggan.

Baca Selanjutnya
Juni 2016   305 lihat

Green Business to Green Accounting

Martdian Ratna Sari S.E, M.Sc
Faculty Member PPM School of Management

Kepedulian perusahaan akan lingkungan dan masyarakat sekitar yang biasa kita sebut sebagai corporate social responsibility (CSR) adalah sebagai suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis.

Baca Selanjutnya
Mei 2016   374 lihat

Mari Realisasikan Bisnis Anda

Ciu Heny Meiria, M.M.
Marketing Trainer, Executive Development Program

Memulai bisnis atau usaha memang tidak semudah ucapan. Untuk memulai sesuatu yang baru, apapun namanya, memang terasa sulit dan membingungkan.

Baca Selanjutnya
Mei 2016   213 lihat

Menjaga Ilmu Pengetahuan

Hendi Suaeb
PPM Knowledge Center

Bagi institusi pendidikan, keberadaan Knowledge Center sebenarnya tidak serta merta meninggalkan fungsinya sebagai perpustakaan, namun memadukannya dengan bahan multimedia digital.

Baca Selanjutnya
Mei 2016   249 lihat

Yin dan Yang dalam Tim

Gerad Pasolang M.M.
Trainer, Executive Development Program

Dalam tim apapun hanya ada delapan tipe yang akan muncul berdasarkan kombinasi kekuatan dan kelemahan sumber daya manusia yang berinteraksi di dalam tim.

Baca Selanjutnya
April 2016   308 lihat

Persaingan dalam Pasar Bebas

Meinita Nurul Rahmawati, M.M.
Consumer Behaviour Analyst, Inhouse Learning Program PPM Manajemen

Sejatinya MEA sebuah kesempatan bagi produsen Indonesia dalam mengibarkan kekuatan melalui produk lokal agar semakin mendunia.

Baca Selanjutnya
April 2016   248 lihat

Kiat Mengakali Waktu

Arif Rachman
Corporate Marketing PPM Manajemen

Alasan mengapa mengelola waktu menjadi amat penting adalah, karena hidup itu sendiri dinamis, pun demikian dengan kegiatan baik dalam bekerja atau apapun.

Baca Selanjutnya
April 2016   248 lihat

Kualitas Diri Seorang Penjual yang Andal

Ciu Heny Meiria M.M.
Marketing Trainer, Executive Development Services PPM Manajemen

Walaupun semua orang merupakan penjual, tetapi tidak semua orang merupakan penjual yang andal. Lalu bagaimana agar menjadi penjual yang andal?

Baca Selanjutnya
April 2016   273 lihat